Hati-hati Bermain Pasir di Pantai

Jika Anda berencana pergi ke pantai saat liburan, jangan lupa untuk tetap memakai alas kaki. Peringatan itu ditegaskan oleh peneliti karena pasir pantai ternyata merupakan tempat berkembangnya berbagai macam bakteri dan jamur yang bisa merugikan kesehatan.

Para peneliti asal University of North Carolina telah melakukan analisa terhadap pasir di berbagai pantai sepanjang Amerika. Hasil analisa menyebutkan bahwa bakteri bacillus yang bisa membahayakan usus besar adalah jenis bakteri yang paling mudah masuk dari pasir melalui kulit.

Fakta lainnya yang ditemukan peneliti adalah banyaknya kasus pencernaan (gastrointestinal disease) yang dialami seseorang pasca berlibur dari pantai. "Umumnya mereka tidak sadar mendapat penyakit itu dari pasir di pantai," kata seorang peneliti seperti dikutip dari Geniusbeauty, Kamis (31/12/2009).

Namun para pakar kesehatan mengatakan sangat mudah melindungi diri dari bakteri yang bisa merusak pencernaan tersebut. "Tidak perlu memakai desinfektan segala. Jika Anda ingin tetap bermain pasir atau berbaring di atas pasir, jangan lupa cuci tangan memakai sabun setelahnya," tambahnya.

Orangtua yang membawa anaknya berlibur ke pantai juga harus ekstra hati-hati karena anak-anak sangat suka membuat istana dari pasir atau melakukan aktivitas di atas pasir yang memungkinkan tangannya masuk ke mulut.

Jika pasir di pantai itu kotor, kemungkinan bakteri akan semakin banyak dan risiko penyakit seperti diare, sakit perut dan infeksi lainnya bisa menghampiri. Untuk itu pastikan selalu mencuci tangan dengan bersih atau gunakan tisu basah setiap kali tangan kotor.

"Liburan adalah saat yang menyenangkan untuk melupakan semua masalah. Tapi untuk masalah kesehatan sebaiknya jangan dilupakan," ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar